Skip to main content

Mengikuti kursus persiapan melahirkan Geburtsvorbereitungkurs di Jerman

 


Foto saat zoom - Geburtsvorbereitung Kurs


Ibarat akan menggelar pesta penyambutan orang penting atau menggelar pesta pernikahan. Menurut saya, melahirkan dan menyambut kelahiran buah hati juga adalah moment besar yang harus dipersiapkan dengan sungguh-sungguh.

Persiapannya harus lahir batin, mental dan fisik, dan diberbagai faktor. Nah.... salah satunya adalah Ilmu pengetahuan tentang melahirkan. Di Jerman, ibu hamil diberi kemudahan dalam persiapan ilmu menghadapi hari persalinan, ada kursus yang namanya Geburtsvorbereitung kurs atau dalam bahasa inggrisnya Childbirth Preparation Class.

Nantinya kita akan diajarkan ilmu persiapan persalinan oleh bidan yang bersertifikat dan juga profesional. Ada yang versi bahasa jerman dan ada juga yang bahasa inggris. Saya pilih yanh bahasa inggris, karena lebih mudah dipahami apalagi terkait bahasa medis yang lumayan susah kalau dalam bahasa jerman. Tidak mau kan sudah bayar mahal tapi tidak mendalami materi yang diberikan? Hehe

Kursus ini ada bermacam-macam durasinya, flexible mengikuti jadwal orang tua yang ingin mendaftar. Saya sendiri ambil kursus yang untuk couple atau bersama pasangan. Kami ambil 2 hari intensive di akhir pekan, sabtu dan minggu.

Untuk biaya kursus, tiap penyelenggara mematok harga berbeda-beda mulai dari 60-300 euro. Tapi untungnya tinggal di Jerman dan rutin membayar asuransi, khusus untuk ibu hamil kursus Geburtsvorbereitung kurs ini ditanggung 100% oleh asuransi. Untuk kelas couple, ada tambahan biaya untuk partnernya, ini juga akan di tanggung 80% oleh Asuransi hingga maksimal 100 euro.

Saya mendaftar di Sweetpeaandbeyond di Munich bersama Hebamme Julie Mason. Saya mengambil kursus saat usia kehamilan di 32 Week. Sengaja saya ambil saat trimester 3, agar ilmu yang diajarkan masih segar dan belum lupa, hehe.

Di kursus ini kita diajarkan banyak terkait kehamilan, persiapan melahirkan, hypnobirthing, cara bernafas, posisi melahirkan, menyusui, apa yang harus dilakukan saat bersalin nanti, merawat bayi, serta banyak lainnya.

Sayangnya karena lagi pandemi, kursusnya harus diselenggarakan via Online Zoom. Tapi tidak apa karena intinya ingin menambah ilmu. Disini kita juga bebas bertanya dan Hebamme dengan senang hati menjawab. Sangat bermanfaat bagi pasangan muda yang belum berpengalaman dan ditambah merantau di negeri orang, jadi lebih paham seperti apa proses melahirkan di Jerman.

Comments

Popular posts from this blog

Mengajukan Visa Nasional (Kumpul Keluarga) di Kedutaan Jerman Jakarta

Assalamu'alaikum...Pejuang Visa menuju jerman. Setelah perjuangan panjang dalam mengurus berkas syarat visa, kini tibalah saatnya saya menghadap ke kedutaan jerman di Jakarta untuk pengajuan Visa Nasional Kumpul Keluarga atau menyusul suami saya ke Jerman. Waktu yang saya pilih adalah tanggal 5 Juni 2018 Pukul 10. 15 am. (Foto di depan kedutaan) Berkas yang saya bawa adalah semua yang tertera dalam syarat di website kedutaan klik  (Disini) Diantaranya : 1. Formulir 2. Surat Pernyataan sesuai UU Pasal 54 3. Pas photo 3,5 x 4,5 (tampak wajah 80 Persen) 4. Paspor ( Asli dan Fotocopy ) 5. Polis Asuransi 6. Uang Tunai 60 Euro/ dalam Rupiah Berkas tambahan selengkapnya tergantung tujuan, dapat dilihat klik  disini  : Kalau saya pilih yang Kumpul Keluarga Ikut Suami : klik link  disini  : Dokumen tambahan saya sesuai syarat ikut suami adalah : 7. Akta Nikah ( Asli dan Yang sudah di Leges serta terjemahannya ) 8. Bukti Tempa...

♥♥ hijab by dian pelangi ♥♥

"cantik nya" ,, yup ! 1 kata yang bakal di ucapkan kalo ngeliat mba' dian pelangi ini ..                                                      ♥♥♥♥        ♥♥♥♥       ♥♥♥♥        ♥♥♥♥           ♥♥♥♥       ♥♥♥♥                                     ini mba' dian pelangi ,, mba' dian ini seorang desainer busana muslim muda yang sukses dalam karir nya .. aku suka banget ngeliat blog ny si mba' manis ini ,, gak hanya cantik ,, mba' dian ini juga dikenal baik n ramah banget ..... perfect !! muda ,cantik ,bertalenta ,n penuh inspirasi .......... salah satu yang buat aku suka banget sama mba' dian ini adalah cara nya memakai jilbab ,, unik ,, ...

stylish hijab ♥♥

look so ordinary like this mode ? iyap ,, agag bosen sih liat mode hijab ginii ginii ajaaa .. akuu mulai memikirkan nya *.*     ♥♥♥♥   try it !!   ♥♥♥♥   im not use a 'ciput' in my hijab , i think it will cost more money , cause the color of hijab must similar with the ciput,, so ,, i make style of my hijab like this ,,  look more beautiful,, hahaha ♥♥♥♥   okaii ,, cerita la sikit ,,aku ngajakin temen temen pake hijab gini jugag,,eh..gag sampe stengah hari di pake,,uda pada ngeluh semua ,, hhi.. (-) panas ,, gatell ,, gag comfort ,, ♥♥♥♥    walau radaa blurr ,, but i  ♥   this pict ♥♥♥♥   show show show ♥♥♥♥   but ,, no matter what they say ,, i still use it !! *take a pictcha pliss,, xixi pose..posee..poseeeee.... ♥♥♥♥ ♥♥♥♥   ♥♥♥♥   (+) its truly magnetic !!