August 28, 2013

KKN 2013

Assalamualaikum reader, sudah lama juga ya saya tidak membagi cerita ataupun hasil kreatifitas saya,hehe. Oke, kali ini saya akan menceritakan sedikit pengalaman saya KKN selama sebulan di desa orang.

KKN itu adalah singkatan dari Kuliah Kerja Nyata, dan disini kita sebagai mahasiswa memiliki tujuan untuk mengabdi kepada masyarakat desa yang umumnya terisolir dan membutuhkan perubahan oleh orang-orang berpendidikan seperti mahasiswa.
Setiap mahasiswa memiliki program masing-masing sesuai bidang yang di tekuninya maupun yang diluar bidangnya.

Pada KKN gelombang IV kali ini para peserta KKN di kirim ke berbagai kecamatan yang tersebar di Kabupaten Aceh Besar.
Alhamdulillah desa KKN saya merupakan desa ke tiga paling dekat dengan kota Banda Aceh, namun bukan berarti dekat dengan kota desa tersebut lebih maju, malah desa tempat saya mengabdi ini termasuk desa yang kurang mendapat perhatian oleh pemerintah dan masyarakat desanya juga tidak begitu aktif untuk menghidupkan desanya.

Nama desa itu adalah Lamtadok, nama yang mungkin asing ditelinga kita, namun lama kelamaan banyak cerita yang timbul dari desa ini.
Selama 30 hari di lamtadok, saya menghabiskan hari berkerja sama dengan rekan kelompok saya yang juga berasal dari universitas yang sama dan jurusan yang berbeda-beda, namun kami belum mengenal satu sama lain. mereka adalah Zahra (PGSD), Henny (Sejarah), Vika (Hukum), Fadhlon (Pertanian), Muddasir (Fisika), dan juga Manuzar (Teknik). Pastinya dari ke 7 mahasiswa ini memiliki karakter yang berbeda-beda dan sangat susah untuk disatukan dalam waktu sebulan untuk berkerja sama mengabdi di desa.
Banyak sekali pengalaman maupun kesan yang didapat selama kegiatan ini berlangsung. Baik itu dari faktor sosial, psikologis, ekonomi, dan budaya.

Selain pengalaman, kami juga tidak hanya berbagi ilmu namun juga mendapatkan ilmu, dan itu semua berasal dari rekan-rekan peserta KKN yang memiliki program yang beragam.

Program saya sendiri itu adalah membuat Papan Nama Jalan, dan program ini sudah sangat familiar di dunia KKN, hehe..mengapa demikian? Ya karena program ini pasti ada di setiap kelompok KKN :D

Dan program khusus yang saya lakukan adalah mengajari para remaja desa berbahasa inggris, mengajari mereka agar dapat berkarya dengan membuat bross dari kain perca, membuat gelang dari manik-manik, belajar bagaimana menggunakan jilbab, belajar make up, dan bahkan mengajari mereka jalan diatas catwalk.

Menjalani hari-hari KKN selama Bulan puasa juga membuat hati agak sedih karena tidak bisa kumpul bersama keluarga selama 15 hari, tidak hanya itu saja cuaca yang panas juga harus kami jadikan sahabat, hal itu tidak menjadi hambatan, kami tetap menjalankan program yang kami buat. J

Kami turun kesawah, main ke gunung, ke air terjun, berkumpul bersama anak-anak dan remaja, shalat berjama’ah di masjid, bersilahturahmi dengan masyarakat desa, dan merasakan hal-hal yang sebelumnya jarang bahkan tidak pernah kami rasakan, seperti mandi di sumur yang terbuka, menunggu ikan dan sayur yang datang dari kota, makan dan minum dari hasil kayu bakar, heboh pak dosen pembimbing lapangan (dpl) datang secara tiba-tiba (pernah engga mandi ‘huff), berbahsa aceh yang penuh aksen asli (bola dibaca boleae)wkwk, di gangguin anak-anak sampe nangis, tidur beramai-ramai di satu tempat tidur tanpa pendingin apapun, jatuh dari motor dan menyisakan bekas yang tak kunjung hilang, daannn masih banyak yang lainnya yang tidak bisa kami lupakan selama KKN.

Walau demikian, kami bahagia. kami punya keluarga dan sahabat baru dan usaha yang kami lakukan tidak sia-sia dengan nilai “baik” yang diberikan oleh pak geuchik, walau di hati sih pengennya “sangat baik” tapi yaa mau gimanaa laagiii..wkwkwk

Heeeeyyyy… 30 hari uda habis, tapi penderitaan masih berlanjut.
Ini waktunya untuk membuat laporan, tidak hanya laporan biasa, karena kami sudah membuat hingga 2 kali, dan akhirnya diterima oleh sang dosen.. dan buat temen-temen KKN yang merantau ngerasain yang namanya kangen membuncah dengan keluarga karena libur yang tertunda oleh laporan..hehe
Semoga saja, nilai akhir KKN yang keluar memuaskan..
Aminn…


June 21, 2013

Kuta Raja Heritage Bike Path

The world today is very aggressively to protect the Earth from the threat of a very dangerous environment.
with cycling we also support this program, in addition to get a good health, is also beneficial for others.
some countries that have successfully implemented a custom bike are Amsterdam, Portland, and Copenhagen.



Our urban architectural design class trying to design facilities for cycling, that is the bike path.
bike path that we design is a bike path that can be used for cycling while enjoying the historic sites in the city of Banda Aceh. Banda aceh has so many heritages building around the downtown, so this planning to make the bike path is also to support the landmark of the city and to get many tourist to come to banda aceh.

so, Our track design refers to the design of the bike path in Copenhagen. Copenhagen is the third rank of the great city with the bicycle.


Many things that must be considered in the design of the bike path, The types of paths based on road type, number of vehicles, type of bike, direction, distance and many more.
Design elements in designing a bike path should be appropriate and functioning properly. The design element are the border, marking, signs, and other focal points.

so, for more information you can go directly to the results of the design along with the report that we have made ..

there are some of our design

one way street

two way street



May 11, 2013

my creative photography

waw. .
that was so amazing!!!
look at my photos, there are some photos that i edited by photoshop ..

Published with Blogger-droid v1.7.2

May 2, 2013

Kreasi Hijab Pashmina untuk Hang Out


hallooo cantik..
suka kebingungan ya kalo mau make hijab pashmina ?
takut hijabnya terlalu heboh? 
tenaang, rani punya solusinya buat kamu si cantik yang hobby pakai pashmina shiffon..

taaraaaaaaa



cobain deh, pasti kamu yang tadinya pakai hijab yang monoton, menjadi lebih berwarna dan juga kelihatan stylish..

lets start it cantik :)

  • langkah pertama yang harus kamu siapin adalah inner (dalaman jelbab), beberapa pentul, aksesoris, dan juga pashmina, apapun bahan pashmina kamu, bisa di gunain kok :)
  • letakkan pashmina dengan sisi sebelah lebih panjang, lalu bross bagian pashmina yang di bagian kanan atau kiri kepala kamu dengan cara di gulung lebih dulu, ini di lakukan agar memberikan efek kerutan yang cantik nantinya.
  • satukan kedua sisi pashmina yang di dalam gulungan dan bawa ke bagian belakang kepala kamu, sehingga innernya tertutup dengan hijab.
  • ambil sisi yang panjang dr pashmina, lalu bawa dari belakang ke bagian sisi yang lebih pendek.
  • lalu, bawa hingga menutupi bagian dada hingga ke atas kepala, lalu sematkan pentul.
  • untuk bagian yang sisi nya lebih pendek, ambil sebelah sisi, lalu bawa ke belakang kuping kamu, dan sematkan pentul.
  • lalu tersenyumlah :) kamu siap untuk hang out bersama orang yang kamu sayang ^^


selamat mencoba ladies . . . xoxo

April 14, 2013

hijab tutorial : hijab style feminim


langkah-langkah nya:
1. gunakan inner
2. ambil ujung dari sebelah sisi hijab lalu sematkan pentul di bagian belakang leher.
3.bawa sisi hijab yang satunya menuju arah yang berlawanan melalui bagian belakang.
4. bawa hijab ke bagian atas kepala ( tindih )
5. ambil ujung hijab yang terurai, bawa ke bagian belakangm lalu sematkan pentul.
5. tambahkan aksessori seperti bros atau bunga di bagian samping hijab.
6. hijab selesai buat kamu yang feminim

selamat mencoba :)


hijab tutorial : pashmina lilit


ini salah satu model hijab yang simple dan ga perlu menghabiskan waktu yang banyak.

caranya:
1. gunakan inner
2. buat sisi hijab anda lebih panjang sebelah
3. ambil sisi yang lebih pendek, bawa ke bagian atas kepala dan ke belakang leher. lalu sematkan pentul.
4. ambil sisi yang lebih panjang, lakukan hal yang sama yaitu bawa ke bagian atas kepala dan di putar 2 x sehingga hanya tertinggal sedikit sisanya.
5. pentul hijab yang tersisa di bagian kiri samping kepala, bentuk bungan sesuai selera dan kreatifitas anda.
6. hijab selesai, dan andapun siap untuk ke pesta ^^

hijab tutorial : sweet and so simple



caranya:
1. kenakan inner 
2. gunakan pashmina dengan sisi kiri dan kanannya sejajar
3. ambil kedua ujung hijab
4. silang kedua ujung hijab anda
5. ambilah lalu bawa ke bagian belakang leher anda dengan mengikatnya 
6. selesai, ready to go ^^

selamat mencoba :)



cerita si gadis polkadot oren

Langkah gadis dibalut busana oren dengan motif polkadot  itupun mantap menelusuri jalan, dengan hati yang gelisah namun tetap berserah diri kepada allah, dia bertemu banyak teman baru dari berbagai penjuru daerahnya..
Ya, dia siap untuk menempuh ujian seleksi pertukaran pemuda saat itu..
tes yang pertama adalah writing essay dengan tema yang sudah ditentukan oleh panitia lalu dilanjutkan dengan pengetahuan umum, dari 124 pemuda yang memiliki potensi luar biasa itu nantinya akan dipilih 10 orang terbaik untuk mengikuti tahapan tes hari kedua yang di dalamnya ada speech, interview, discussion, and culture performance.

Gadis berparas jelita dengan senyum manisnya menjawab satu persatu pertanyaan yang di berikan, terdapat banyak soal yang sama sekali tidak diketahuinya karena sebelumnya dia tidak mencari dan mempelajari mengenai hal tersebut. sedikit kecewa memang, namun ia tetap tegar karena mengingat bahwa ini adalah kali pertama ia mengikuti tes ini, tes yang sangat luar biasa.

Kakak panitia selalu memberi motivasi kepada seluruh peserta calon pemimpin masa depan itu, bahwa ini merupakan pengalaman dan pelajaran berharga untuk kalian, diantara ratusan pemuda ini hanya dipilih satu orang saja yang akan mewakili kita semua untuk menjadi delegasi di negeri orang, jadi tidak boleh kecewa ataupun bersedih, jika ini kali pertama kalian mengikuti tes ini, ini merupakan sebuah pelajaran yang dapat kalian bawa pada tes tahun depan dengan berbekal pengalaman di tahun ini,  sontak saja hati gadis berusia 20 tahun itu semakin semangat dan ceria kembali karena ada salah satu pengalaman dari kakak alumni yang lulus beasiswa pertukaran ini setelah tiga kali mengikuti seleksi. 

Pengumuman hasil seleksi akan di informasikan malam nya, tidak berharap banyak, karena sadar akan kemampuan dirinya ketika menjwab soal tadi, alhamdulillah Allah masih menyayangi gadis dengan tinggi tubuh semampai ini, sepertinya Allah ingin ia fokus dengan perkuliahannya dulu tahun ini.

Segala hal yang terjadi adalah karena izin Allah, dengan lapang dada ia menerima keputusan yang telah Allah berikan kepadanya, dan percaya bahwa selalu ada hikmah dibalik semua ini.

Di usia 20 tahun dengan jenjang pendidikan yang masih di tingkat 3 universitas turut mempengaruhi semangatnya yang menggebu gebu, impian untuk melanjutkan sekolah ke luar negeri tidak pernah pupus dari benaknya.

In Shaa Allah, ketika waktunya datang, ia akan berusaha lebih dari ini ..


April 13, 2013

assalamualaikum reader ku tersayang,
insya allah aku bakal mengikuti seleksi PPAN atau Pertukaran Pemuda Antar Negara..
semoga Allah memberikan ku yang terbaik dengan segala usaha yang ku kerahkan :)
tunggu kabar selanjutnya ya ^^
in shaa Allah besok tanggal 13 n 14 april seleksi nya yang di buat provinsi Aceh..

jadi ga sabar deh >.<
see yaaa :*