September 3, 2015

My Engagement Day

Haaii haaiii... Kali ini aku masih akan ngeposting kabar-kabar dan cerita-cerita gembira dalam hidupku..
Sebenernya sih ini kabar gembiranya uda dari lama banget yaa, sekitar 4 bulan yang laluu...
Dikarenakan tugas akhir ku kemaren menyita waktu dan jadilah baru sekarang deg datang mood nya buat ngenulis berita bahagia inii..
daannn...berita bahagiaanyaa adalaahhhh...
(pake suara latar musik pas x-factor lg mau eliminasi)
Hehe, heloo...padahal uda jelas-jelas ya itu aku tulis di judul :D
iyaaa, you know laahh yaa...
Deg-degan itu uda pasti..
untuk pertama kalinya dalan hidup ku, dilamar oleh seorang lelaki. Dan diumur yang termasuk masih muda, iyalah secara masih kuliah ya kan..dilamar sama abang-abang yang umurnya beda jauh hampir 8 tahun :D
Banyak orang bilang sih 'beruntung sekali si abang mendapatkan aku' namun bagiku..aku juga sangat beruntung mendapatkan sosok calon suami yang matang dan bertanggung jawab, dan pastinya menyayangiku dan keluarga. Aminn...semoga benar demikian..
nah, mungkin kalian penasaran siapa si abang itu, okeey...tenaangg...aku akan menceritakan tentang bagaimana kita bertemu dan berkenalan hingga memutuskan untuk bertunangan di postingan lainnya yaa, hihi..sabaaarrr.....
karena kali ini, aku akan menceritakan hari bahagiaku dipinang oleh abang Syahrul Anwar.
25 April 2015


Aku sengaja berdandan dengan riasan natural, dengan style hijab yang sedikit ada juntaian agar terlihat lebih manis. karena nanti pada saat aku disuru keluar, semua mata pasti akan tertuju padaku. Hehe
baju tunangan yang aku kenakan berbentuk kebaya terusan panjang berwarna biru tosca. Dan persiapan untuk baju tunangan ini, kurang lebih menghabiskan waktu selama 1 minggu.

Persiapan lainnya adalah dekorasi ruangan yang kupercayakan pada salah satu jasa pelaminan, dengan nuansa cream dan merah hati. Agar memberi kesan hangat dan hikmat.

Untuk menyambut datangnya keluarga yang akan meminangku, mama sengaja memasak masakan spesial, dibantu oleh keluarga besar yang saling ikut andil dalam bekerja mempersiapkan hidangan di acara pertunganku.
Mama emang jago dan suka masak, rasa masakan mama juga paliing enaak..hehe, lidah semua anak emang masakan mama nya yang paling enak.



sekitar jam 8 malam, tamu undangan mulai datang. Mereka datang dengan membawa seserahan yang berisi makanan, cake, bakal baju dan parcel buah.
Acara lamaranku menggunakan adat aceh, yang mana sang calon pinangan tidak boleh keluar, dipingit dulu di dalam kamar, hehe.. dan yang meminang juga ga boleh datang..tapi, si abang tetep datang kok, tapi malah tungguin dalam mobil ditemenin sama nyamuk hihi. Syabaal yaa my caamiii.....
jadilah yang datang dan bertemu adalah orang tua, keluarga, tetangga dan petinggi gampong.
Kedatangan mereka disambut hangat oleh keluarga ku, dan langsung disuguhi makan malam.
Setelah makan malam, maka diutarakanlah maksud dan tujuan mereka datang.
Setelah berbalas pantun dan juga saling memahami maksud dan persepsi satu sama lain, kedua orang tuaku menerima pinangan tersebut, alhamdulillah..
setelah itu, mereka meminta untuk melihat sang calon dara baro..hehe ( dara baro: pengantin wanita )
aku pun keluar dari kamar dan langsung menyalami ibu-ibu yang datang dari keluarga sang calon linto baro ( linto baro : pengantin pria )

Dan sebagai tanda bahwa aku sudah dipinang, adalah cincin yang disematkan oleh ibu dari calon suami ku. Kenapa bukan bg syahrul yang sematkan ? Karena dalam adat aceh, sebelum menikah itu berarti belum muhrim. Jadi belum di izinkan. Hehe




Dalam adat aceh, terdapat sanksi apabila sang wanita memutuskan pertunangan, yaitu harus membayar 2 kali lipat dari jumlah tanda yang di bawa ketika tunangan. Misalnya cincin seberat 2 mayam, apabila si wanita memutuskan pertunangan, maka ia harus mengembalikan mahar tersebut sejumlah 4 mayam..
Namun berbeda, apabila pihak laki-laki yang memutuskan tali pertunangan, maka si mayam tetap menjadi milik si wanita tersebut.

Setelah cincin tersemat, alhamdulillah..
Sah dipinang :)

Dan acara lamaran pun selesai..
Baru deh bg syahrul nya datang..dan kita foto bersama..
diluar cincin mayam yang merupakan tanda mahar.
Bg syahrul juga memberikan hadiah cincin emas putih kembar/couple yang pada cincinnya tersemat nama kita.
Dan kita saling memasangkan cincin :)




Alhamdulillah, bersyukur kepada Allah..
Semoga kita berjodoh yaa abang..
Tidak ada halangan hingga acara pernikahan dan seterusnya.
i love you ❤💍



Terima kasih untuk semua yang kusayangi dan menyayangiku









posted from Bloggeroid

No comments:

Post a Comment

thanks for the comment, happy reading raneeyQueen's blog ..