Skip to main content

PERSIAPAN TES IELTS


Persiapan untuk tes ini sangat sangat berat. Aku belajar dengan rutin selama berbulan bulan, kurang lebih 6 bulan aku belajar persiapan ielts, baik itu belajar di tempat kursus maupun belajar sendiri dirumah.

Persiapan Tes Ielts:
1. Setiap hari mendengarkan radio BBC
2. Membaca berita-berita berbahasa inggris.
3. Melihat puluhan video tips dan trik
4. Menjawab soal soal cambridge IELTS
5. Menulis Essay, menjawab pertanyaan-pertanyaan yang biasa muncul.
6. Membuat draft jawaban speaking dan berlatih berbicara dengan bahasa inggris.
7. Daaaannnn apapun dilakukan demi tes ini. Seperti ikut kursus, dan lainnya.


Melihat waktu yang ku habiskan selama 6 bulan, memang bukan waktu yang singkat, ini adalah kesalahan, banyak terdapat rasa malas, di dalam bulan-bulan itu. Dan aku sedikit menyesal. hufff, disaat teman lainnya bisa berhasil belajar hanya dengan 1 bulan saja. aku butuh waktu berbulan-bulan..

Selama persiapan, semua segmen dari Ielts Cambrige aku jawab.. kurang lebih ada 11 buku, dalam 1 buku terdapat 4 latihan..Jadi kira-kira ada 44 latihan yang aku jawab..dan jumlah itu bel di tambah dengan latihan dari tempat kursus ku.

Hasil nilai dari tiap latihan tersebut, naik turun bagai Gunung dan Lembah.. hehe, Aku yakin usaha tidak pernah mengkhianati hasil. dan teruslah berusaha sebaik mungkin.

Persiapan ini berakhir, hingga akhirnya aku mendaftar ielts pada tanggal 25 maret 2017. Lokasi tes di Idp Medan. dengan membayar biaya tes sebesar Rp. 2.8 Juta.
Melihat angka nya saja, darah ini gemetaran..dengan biaya tes semahal itu, apakah aku bisa menjawab dengan baik?

Hari H pun datang,

Dalam proses tes ielts ini terdapat 4 sesi.

1. Sesi Pertama adalah Listening ( Tes Pendengaran )
Di sesi ini ada 40 Soal, dengan berbagai jenis soal yang ada di dalamnya.
- Jujur saja, selama latihan aku jarang merasakan kesulitan dalam menjawab listening ini, tapi entah kenapa ketika tes, Jadi agak sulitt :(

2. Sesi Kedua adalah Reading ( Tes Bacaan )
Di sesi ini terdapat 4 Bacaan yang harus di jawab.
- Selama persiapan, Sesi ini adalah sesi yang paling aku takutkan..Nilai ku selalu rendah :( Tapi ketika tes, Aku merasa dapat dengan mudah menjawabnya.

3. Sesi Ketiga adalah Writing ( Menulis )
Untuk sesi ini aku sudah memiliki strategi khusus dalam menulisnya, dan aku membuat tulisannya sesuai dengan draft yang sudah ku buat. Ketika persiapan aku belum pernah tau seberapa tingkat skor writing ku. Hanya di Tempat kursus ku, aku memiliki nilai yang rendah untuk writing ini.

4. Sesi Ke Empat adalah Speaking ( Tes Berbicara )

Tes ini Langsung berbicara dengan native speaker.. Aku berusaha menjawan setiap pertanyaannya dengan luwes dan berisi. Jawab dan berbicaralah.
Ketika persiapan, aku sudah berlatih banyak soal yang biasanya di tanyakan..namun, ketika tes...Pertanyaannya sangat mudah, tapi aku tidak pernah melatih utk menjawab ini sebelumnya..

Pertanyaan yang ku dapat adalah..

Sesi 1 Speaking..

Segalanya tentang diriku...
Tempat tinggal, Sekolah, Kerjaan, Hobby, Makanan kesukaan, Tentang Daerah tempat tinggal, Keluarga, dan segalanyaaaaaaaa.....

Sesi 2 Speaking..
Mereka tanyakan tentang : Cokelat !!!
1. Apakah kamu suka cokelat ?
2. Sejak kapan kamu suka Cokelat ?
3. Apakah kamu pernah memberi cokelat untuk sesorang ?
4. Dan banyak lagi seputaran Cokelat !!!

Sesi 3 Speaking..
Mereka Tanyakan Tentang :
1. Apa beda kerja di perusahaan dibandingkan memiliki bisnis sendiri ?
2.Apa yang kamu lakukan utk memulai menjadi seorang pebisnis ?
3. Hal apa saja yang kamu butuhkan untuk memulainya ?
Dan beberapa pertanyaan lainnya tentang ini, aku lupa bagaimana detail nya..


Selesai 4 Sesi tes ini......Akhirnyaaaa selesai perjuangan belajar Ielts..
Dalam hati ada rasa sedikit gundah takut bahwa nilai ielts ku tidak mencukupi..namum, jika sudah berusaha, dan mengikutin alur prosesnya..Aku percaya Allah pasti memberikan yang terbaik bagiku..

Hasil Ielts nya keluar 2 minggu setelah hari tes..
dan Hasilnya, Alhamdulillah.....Aku tidak harus tes Ielts lagi..

:)


Semoga bisa menjadi sedikit ilmu tambahan yah untuk kamu yang menyempatkan membaca..

Terus semangat yaaaaaa yang lagi belajar.





Comments

Popular posts from this blog

Cara Rem sepeda Fixie

Tips Cara Rem Sepeda fixie : 1. Pilih tempat luas yang aman untuk berlatih pengereman fixie, usakan permukaan halus dan bebas dari lalulalang kendaraan. 2. Pastikan pergunakan helm sepeda saat mengendarai sepeda fixie kamu, karena ada kemungkinan jatuh saat berlatih pengeraman fixie. 3. Usahakan memiliki pedal sepeda fixie anda bertali, atau pedal clipless agar pijakan tidak mudah lepas. 4. Mulailah dengan kecepatan rendah, pijakan kaki kamu dengan sempurna pada pedal clipless. 5. Jika kamu siap berhenti atau melakukan pengereman fixie, geser sedikit berat badan kamu kebagian depan, sembari mendorong pedal fixie kamu kearah berlawanan. Tetap jaga keseimbangan, jika ingin bergerak maju, kembalikan posisi badan dan arahkan pedal sepeda fixie kamu kedepan. 6. Ulangi maneuver pengereman fixie diatas berulangkali sampai mahir. Perlu kamu ketahui, semakin jauh kamu mencondongkan tubuh kedepan, maka semakin cepat sepeda fixie kamu berhenti. sumber: fixiekita1.blogspot.c

Riwayat Skin Care dan Jenis Kulit

Hallo..aku tau nih, kamu pasti lagi bingung mau memilih produk skin care untuk kulitmu..ya kan? hihi.. Iya, saya sudah pernah merasakan saat-saat bingung dan dilema dalam memilih produk perawatan wajah atau skin care.. Aku kenalin deh sama kulit ku..kulit aku tipe nya cenderung kering, Oily at T zone, ga terlalu masalah dengan jerawat (Alhamdulillah), tp muncul jerawat saat period aja, dan suka merah di pipi kalau kena panas. Oke, sudah kenal berarti sudah sayang..mari kita lanjut.. Riwayat penggunaan skin care ku.. Dulu mulai centil make skin care pas SMA dan awal kuliah, dan saat itu cuma pake pelembab aja.. Beli dari drug store biasa..ga macem2 sih cuma pake pelembab ajah.. 1. Ponds Hasil pake pelembab ini di kulitku, adalah muka jadi meraah kayak udang..lalu, aku stop. Lalu beralih ke, 2. Garnier Seingat aku..Pake Garnier ini enak, ringan di kulit, dan ga bikin masalah di wajah. tapi aku lupa nih kenapa kok ga lanjut pake garnier ini..tiba-tiba uda pake, 3. Wardah

Mengajukan Visa Nasional (Kumpul Keluarga) di Kedutaan Jerman Jakarta

Assalamu'alaikum...Pejuang Visa menuju jerman. Setelah perjuangan panjang dalam mengurus berkas syarat visa, kini tibalah saatnya saya menghadap ke kedutaan jerman di Jakarta untuk pengajuan Visa Nasional Kumpul Keluarga atau menyusul suami saya ke Jerman. Waktu yang saya pilih adalah tanggal 5 Juni 2018 Pukul 10. 15 am. (Foto di depan kedutaan) Berkas yang saya bawa adalah semua yang tertera dalam syarat di website kedutaan klik  (Disini) Diantaranya : 1. Formulir 2. Surat Pernyataan sesuai UU Pasal 54 3. Pas photo 3,5 x 4,5 (tampak wajah 80 Persen) 4. Paspor ( Asli dan Fotocopy ) 5. Polis Asuransi 6. Uang Tunai 60 Euro/ dalam Rupiah Berkas tambahan selengkapnya tergantung tujuan, dapat dilihat klik  disini  : Kalau saya pilih yang Kumpul Keluarga Ikut Suami : klik link  disini  : Dokumen tambahan saya sesuai syarat ikut suami adalah : 7. Akta Nikah ( Asli dan Yang sudah di Leges serta terjemahannya ) 8. Bukti Tempat Tinggal di Jerman