Tips Cara Rem Sepeda fixie :
1. Pilih tempat luas yang aman untuk berlatih pengereman
fixie, usakan permukaan halus dan bebas dari lalulalang
kendaraan.
2. Pastikan pergunakan helm sepeda saat mengendarai
sepeda fixie kamu, karena ada kemungkinan jatuh saat
berlatih pengeraman fixie.
3. Usahakan memiliki pedal sepeda fixie anda bertali, atau
pedal clipless agar pijakan tidak mudah lepas.
4. Mulailah dengan kecepatan rendah, pijakan kaki kamu
dengan sempurna pada pedal clipless.
5. Jika kamu siap berhenti atau melakukan pengereman
fixie, geser sedikit berat badan kamu kebagian depan,
sembari mendorong pedal fixie kamu kearah
berlawanan. Tetap jaga keseimbangan, jika ingin
bergerak maju, kembalikan posisi badan dan arahkan
pedal sepeda fixie kamu kedepan.
6. Ulangi maneuver pengereman fixie diatas berulangkali
sampai mahir. Perlu kamu ketahui, semakin jauh kamu
mencondongkan tubuh kedepan, maka semakin cepat
sepeda fixie kamu berhenti.
sumber: fixiekita1.blogspot.com
Fixie (fixed gear) , yang artinya sepeda dengan sistem gear
roda belakang mati. Sistem ini biasa disebut doltrap atau
roda gila, kemana pun roda berputar pedal akan
mengikutinya baik itu maju ataupun mundur. Sepeda yang
menggunakan doltrap dapat berjalan mundur jika digowes
terbalik, sistem ini dimiliki oleh rodeo (sepeda roda satu)
dan becak. Jadi untuk rem, kita harus memundurkan pedal
sekuat mungkin. Kelemahan dari doltrap adalah saat
sepeda melaju dengan kencang, pedal akan berputar sama
kencangnya hingga akan susah untuk diberhentikan. Sepeda
fixie jenis ini biasanya dilengkapi rem depan.
Seiring dengan selera dan kesukaan sepeda fixie
dimodifikasi dengan mengunakan torpedo. Torpedo lebih
mudah digunakan dibandingkan doltrap, karena saat ban
berputar pedal tidak ikut berputar kecuali jika digowes, dan
jika digowes mundur akan mengunci roda sehingga
berhenti.
Ada juga hub dengan sistem flip flop. Ini merupakan sistem
doltrap dan torpedo dalam satu hub yang dapat diubah-
ubah sesuai keinginan hanya dengan membalikkan ban
(wheel set).
Jenis hub yang dipakai sepeda pada umumnya di dunia
menggunakan jenis free wheel . Jika digowes maju maka
roda akan maju, jika digowes mundur tidak berpengaruh
terhadap putaran roda, dan menggunakan rem untuk
menghentikan roda.
sumber: Adissa-online.blogspot.com
1. Pilih tempat luas yang aman untuk berlatih pengereman
fixie, usakan permukaan halus dan bebas dari lalulalang
kendaraan.
2. Pastikan pergunakan helm sepeda saat mengendarai
sepeda fixie kamu, karena ada kemungkinan jatuh saat
berlatih pengeraman fixie.
3. Usahakan memiliki pedal sepeda fixie anda bertali, atau
pedal clipless agar pijakan tidak mudah lepas.
4. Mulailah dengan kecepatan rendah, pijakan kaki kamu
dengan sempurna pada pedal clipless.
5. Jika kamu siap berhenti atau melakukan pengereman
fixie, geser sedikit berat badan kamu kebagian depan,
sembari mendorong pedal fixie kamu kearah
berlawanan. Tetap jaga keseimbangan, jika ingin
bergerak maju, kembalikan posisi badan dan arahkan
pedal sepeda fixie kamu kedepan.
6. Ulangi maneuver pengereman fixie diatas berulangkali
sampai mahir. Perlu kamu ketahui, semakin jauh kamu
mencondongkan tubuh kedepan, maka semakin cepat
sepeda fixie kamu berhenti.
sumber: fixiekita1.blogspot.com
Fixie (fixed gear) , yang artinya sepeda dengan sistem gear
roda belakang mati. Sistem ini biasa disebut doltrap atau
roda gila, kemana pun roda berputar pedal akan
mengikutinya baik itu maju ataupun mundur. Sepeda yang
menggunakan doltrap dapat berjalan mundur jika digowes
terbalik, sistem ini dimiliki oleh rodeo (sepeda roda satu)
dan becak. Jadi untuk rem, kita harus memundurkan pedal
sekuat mungkin. Kelemahan dari doltrap adalah saat
sepeda melaju dengan kencang, pedal akan berputar sama
kencangnya hingga akan susah untuk diberhentikan. Sepeda
fixie jenis ini biasanya dilengkapi rem depan.
Seiring dengan selera dan kesukaan sepeda fixie
dimodifikasi dengan mengunakan torpedo. Torpedo lebih
mudah digunakan dibandingkan doltrap, karena saat ban
berputar pedal tidak ikut berputar kecuali jika digowes, dan
jika digowes mundur akan mengunci roda sehingga
berhenti.
Ada juga hub dengan sistem flip flop. Ini merupakan sistem
doltrap dan torpedo dalam satu hub yang dapat diubah-
ubah sesuai keinginan hanya dengan membalikkan ban
(wheel set).
Jenis hub yang dipakai sepeda pada umumnya di dunia
menggunakan jenis free wheel . Jika digowes maju maka
roda akan maju, jika digowes mundur tidak berpengaruh
terhadap putaran roda, dan menggunakan rem untuk
menghentikan roda.
sumber: Adissa-online.blogspot.com
Published with Blogger-droid v1.7.2
Thx utk infonya..mampir yuk ke http://elementmtb.com/merawat-sepeda-itu-harus-meminyaki-rem-sepeda-juga/
ReplyDelete