Skip to main content

Pendewasaan Usia Perkawinan



Pendewasaan usia perkawinan (PUP) adalah upaya untuk meningkatkan usia pada perkawinan pertama,bukan hanya menunda sampai usia tertentu saja tetapi mengusahakan agar kehamilan pertamapun terjadi di usia yang matang.
Tujuan dari program (PUP) ini untuk memberika pengrtian dan kesadaran kepada remaja agar dalam merencanakan keluarga,mereka dapat mempertimbangkan berbagai aspek berhubungan dengan kehidupan berkeluarga, kesiapan fisik, mental, emosional,pendidikan, sosial, ekonomi serta menentukan jumlah dan jarak kelahiran.

·         Program pendewasaan usia perkawinan dan perencanaan keluarga
Dalam program ini terdiri dari tiga kerangka  masa reproduksi,yaitu :
1.    Masa menunda perkawinan dan kehamilan
Sangat di anjurkan apabila seorang perempuan yang belum berusia 20 tahun untuk menunda perkawinannya,lalu apabila sudah terlanjur menjadi pasangan yang masih di bawah 20 tahun,maka di anjurkan untuk menunda kehamilan,karena apabila tidak di lakukan akan mempengaruhi kesehatan ibu dan anak yang bersangkutan.alat kontrasepsi yang dipakai sebaiknya adalah oral pil.

2.    Masa menjarangkan kehamilan
Ini terjadi pada priode umur 20-35 tahun,di usia ini di anjurkan untuk memiliki 2 anak,sehingga memiliki jarak yang ideal antara kedua kelahiran sekitar7-8 tahun.alat kontrasepsi yang baik pada masa ini adalah alat kontrasepsi spiral (IUD).

3.    Masa mencegah kehamilan
Berada dalam priode 35 tahun keatas,karena apabila hamil pada priode usia ini akan mengalami resiko medik.
Pencegahan kehamilan ini menggunakan alat kontrasepsi mantap (MOW, MOP).


Comments

  1. rani mau persiapn untuk menikah kah ? selamat selamat :p

    ReplyDelete
  2. ini salah satu cara untuk menyosialisasikan masalah PKBR kak ^^ , nikah nanti di atas 20 tahun yah :)

    ReplyDelete

Post a Comment

thanks for the comment, happy reading Raneey's Diary blog ..

Popular posts from this blog

Mengajukan Visa Nasional (Kumpul Keluarga) di Kedutaan Jerman Jakarta

Assalamu'alaikum...Pejuang Visa menuju jerman. Setelah perjuangan panjang dalam mengurus berkas syarat visa, kini tibalah saatnya saya menghadap ke kedutaan jerman di Jakarta untuk pengajuan Visa Nasional Kumpul Keluarga atau menyusul suami saya ke Jerman. Waktu yang saya pilih adalah tanggal 5 Juni 2018 Pukul 10. 15 am. (Foto di depan kedutaan) Berkas yang saya bawa adalah semua yang tertera dalam syarat di website kedutaan klik  (Disini) Diantaranya : 1. Formulir 2. Surat Pernyataan sesuai UU Pasal 54 3. Pas photo 3,5 x 4,5 (tampak wajah 80 Persen) 4. Paspor ( Asli dan Fotocopy ) 5. Polis Asuransi 6. Uang Tunai 60 Euro/ dalam Rupiah Berkas tambahan selengkapnya tergantung tujuan, dapat dilihat klik  disini  : Kalau saya pilih yang Kumpul Keluarga Ikut Suami : klik link  disini  : Dokumen tambahan saya sesuai syarat ikut suami adalah : 7. Akta Nikah ( Asli dan Yang sudah di Leges serta terjemahannya ) 8. Bukti Tempa...

♥♥ hijab by dian pelangi ♥♥

"cantik nya" ,, yup ! 1 kata yang bakal di ucapkan kalo ngeliat mba' dian pelangi ini ..                                                      ♥♥♥♥        ♥♥♥♥       ♥♥♥♥        ♥♥♥♥           ♥♥♥♥       ♥♥♥♥                                     ini mba' dian pelangi ,, mba' dian ini seorang desainer busana muslim muda yang sukses dalam karir nya .. aku suka banget ngeliat blog ny si mba' manis ini ,, gak hanya cantik ,, mba' dian ini juga dikenal baik n ramah banget ..... perfect !! muda ,cantik ,bertalenta ,n penuh inspirasi .......... salah satu yang buat aku suka banget sama mba' dian ini adalah cara nya memakai jilbab ,, unik ,, ...

stylish hijab ♥♥

look so ordinary like this mode ? iyap ,, agag bosen sih liat mode hijab ginii ginii ajaaa .. akuu mulai memikirkan nya *.*     ♥♥♥♥   try it !!   ♥♥♥♥   im not use a 'ciput' in my hijab , i think it will cost more money , cause the color of hijab must similar with the ciput,, so ,, i make style of my hijab like this ,,  look more beautiful,, hahaha ♥♥♥♥   okaii ,, cerita la sikit ,,aku ngajakin temen temen pake hijab gini jugag,,eh..gag sampe stengah hari di pake,,uda pada ngeluh semua ,, hhi.. (-) panas ,, gatell ,, gag comfort ,, ♥♥♥♥    walau radaa blurr ,, but i  ♥   this pict ♥♥♥♥   show show show ♥♥♥♥   but ,, no matter what they say ,, i still use it !! *take a pictcha pliss,, xixi pose..posee..poseeeee.... ♥♥♥♥ ♥♥♥♥   ♥♥♥♥   (+) its truly magnetic !!