November 7, 2014

PPAN Aceh 2014 (Pertukaran Pemuda Antar Negara)

Assalamu'alaikum...

Pasti sebagian dari kamu semua sudah mengetahui maksud dari PPAN, iya betul..PPAN ini adalah singkatan dari Pertukaran Pemuda Antar Negara. seleksi ppan digelar di setiap prov yang ada di Indonesia setiap tahunnya. 
Di Provinsi Aceh, seleksi PPAN untuk tahun 2014 diadakan pada bulan maret-April lalu. 

Terdapat beberapa Program yang di tawarkan. 
Diantaranya,
IKYEP (Indonesia Korea Youth Exchange Program)
SSEAYP ( The Ship for South East Asia Youth Program)
ICYEP ( Indonesia Canada Youth Exchange Program)
IMYEP (Indonesia Malaysia Youth Exchange Program)
AIYEP (Australia Indonesia Youth Exchange Program)

Kuota untuk perempuan hanya tersedia di Program SSEAYP dan juga IKYEP masing-masing 1 perwakilan.
Melihat informasi tersebut, aku langsung berfikir keras program apa yang akan aku pilih, kedua program tersebut sama-sama bertujuan untuk meningkatkan hubungan antar kedua negara namum jenis dan kegiatan yang di tawarkan berbeda.
Setelah bertanya kesana kemari, melihat-lihat, dan akhirnya aku jatuhkan pilihan pada Program SSEAYP. waw!!! Yah bisa dibilang nekat sih, program nya bagus sekali dan pasti saingannya juga tidak kalah bagusnya. 

(Kalo penasaran bagaimana programnya, kamu bisa langsung search di google yah, banyak sekali informasinya)

Terdapat 3 Tahap penyeleksian.

Tahap pertama adalah seleksi berkas. 
Alhamdulillah aku lolos pada Tahap ini begitu juga dengan puluhan sainganku yang juga berjuang untuk tujuan yang sama.

Hari seleksi Tahap Kedua pun digelar..

Pada tahap ini, seperti biasa kita para peserta akan diberikan ujian tulis, terbagi dalam beberapa sesi ujian, diantaranya tentang Pengetahuan Umum, Test of english proficiency dan Tes Potensi Akademik.
Lelah menjawab soal ya sudah pasti, namun akan terbayarkan ketika kita bertemu banyak teman baru dan juga berbagi ilmu baru dari mereka yang cerdas-cerdas itu.

Setelah melewati tahap kedua ini, aku mulai berharap cemas, akankah aku menjadi salah satu dari 10 pemuda yang terpilih menuju seleksi tahap ketiga?
Dan ketika hasilnya diumumkan, Alhamdulillah namaku masuk. Yeyeyey
Terang saja aku senang, pada tes tahun 2013 lalu aku hanya sampai pada tahap kedua. :(
Dan kali ini merupakan kesempatan emas.

Segala persiapan untuk tahap ketiga telah aku persiapkan semampunya.

Dan tibalah pada tahap ketiga..

Seleksi dilakukan di Kantor Dispora Aceh, nah seleksi tahap ke Tiga ini di bagi menjadi 2 hari masa penjurian.
Hari pertama adalah Speech dan Leaderless Group Discussion (LGD)
Hari kedua adalah Interview dan Culture performance.

Pada saat speech..sebelumnya panitia telah memberikan tema dan kita harus speech berdasarkan tema tersebut.
Aku melihat bahwa seluruh peserta disini memiliki potensi yang luar biasa, mereka speech lancaarr bagai air mengalir tanpa hambatan. Dan saat itu pula nyaliku sedikit menciut. :D

Lalu dilanjutkan dengan LGD, seluruh peserta program di campur baur dalam kelompok yang dibagi menjadi 5 peserta di setiap kelompok. (yess, nambah kawan baru lagi dong)hihi.
Kita berdiskusi dan harus mempreaentasikannya di depan. Alhamdulillah tidak mengecewakan, teman kelompokku sangat cerdas dan kompak. Dan menurutku presentasi dari kelompok kami yang paling menarik (yaiyalah kalo bukan diri sendiri yang memuji, siapa lagi haha ).

hari mulai gelap..saatnya kembali pulang dan mempersiapkan diri untuk tes dihari berikutnya..

Tes Hari kedua pun menyapa dengan riangnya..
Aku melihat antusiasme para peserta yang menggebu-gebu dan membara, termasuk aku sendiri..hihi

Yap, diawali dengan tes interview.. 
Para peserta dipanggil satu persatu masuk ke ruang interview, dan berhubung namaku di urutan ke 7 (kalau ga salah), jadi rasa deg2an yang aku alami semakin lamaa..
Aku melihat raut wajah yang berbeda beda keluar dari ruang penjurian..huff jantung ku semakin berdebar cepat..
kapaannn giliraannkuuuuu!!!!!

tik.. tok..
 tik.. tok.. 
  tik.. tok..

Akhirnya giliranku datang..

Masuklah aku keruang tersebut, Disana sudah ada tiga juri yang sudah duduk manis menyambut kedatanganku..juri nya berasal dari PCMI Aceh (Purna Caraka Muda Indonesia) yang merupakan para Alumni program.
Rentetan pertanyaan pun menghujamikuuu..bagai hujan deras yang juga membuatku berfikir lebih keraaasss...
Fiuuhhh.. 30 menit berlalu, sepertinya aku adalah peserta yang paling lama di interview (bukan hanya sepertinya loh), ketika aku keluar, temanku yang juga sainganku bertanya " rani, kamu kok lama sekali sih" sambil memasang wajah heran..
Dan aku menjawab dengan rasa tidak sadar bahwa menghabiskan waktu selama itu di dalam sana, karena menurutku Interviewnya sangat Asyik sekali hingga tanpa sadar waktu berlalu (masa sih) wkwk
Yaaa pokoknya intinya seperti itulah..
Kalo penasaran dengan pertanyaan yang di tanyakan, yuk ikut aja seleksinya..dan rasakan sendiri sensasinya. HaHaHa (ketawa bengis)

Laluuuuu....tahap Performance..
haafff....perjuangann beluumm berakhiirrr....
Tapi aku paling suka tahap ini, tahap dimana kita menampilkan bakat yang kita punya..
Hayuklah tampilkan bakat terpendam yang ada pada dirimuu...
apa saja boleh, dan para juri sangat menghargai apapun bakatmu, tapi para juri juga sering kali memintamu untuk menampilkan sesuatu yang kamu tidak berniat menampilkannya..wkwk, sedikit shock pastinya sih.

Dan rentetan Tahap penyelesian pun selesai..
Akhirnya bisa bernafas lega..eh belum lega ding, soalnya belum pengumuman..tapi sabaar..hasil akan langsung di umumkan sore itu juga..

Sementara menunggu hasil, terdapat sesi ramah tamah oleh kakak2 alumni tahun lalu yang berbagi kisah dan pengalaman mereka selama mengikuti program..aaaaa makin pengeenn dan ngilerr deh habis dengar cerita mereka yang sangat menarik..

Jeng jeng jeenggggg
Saatnya Pengumuman hasil...

Aku tak berharap banyak, karena aku tau teman lainnya sangat luar biasa, kalah dan menang itu sama saja, perwakilan yang dikirim hanya 1 orang, kita yang sudah sampai tahap ini semuanya adalah pemuda yang hebat..

Alhamdulillah..aku mendapatkan posisi Juara 2!!!!
waaaaawww ga nyangka bisa sehebat ini..
Syukur kepada Allah yang telah memberikanku rahmat yang sangat indah, walaupun hanya selisih sedikitt sekali nilainya dengan si Juara 1, aku tetap senang, karena inilah yang terbaik yang Allah tetapkan..

Selamat untuk para perwakilan PPAN Aceh 2014..
Bangga bisa bertemu dan kenalan dengan kalian semuanya.
Harumkan nama bangsa ini di luar sana yaa..

Doakan aku dapat mengikuti jejakmu ditahun depan, menjadi perwakilan Aceh..amin ya Allah
(selalu semangat dan ga bosan-bosan buat ikut seleksi PPAN ini). Hihi

Semoga tulisan yang kurang lebih curhatan ini bermanfaat yaahh...
Sampai jumpa di PPAN 2015 in syaa Allah..
Keep fightiinggg for your country!!!! Yeah. .






Bye for now. .

No comments:

Post a Comment

thanks for the comment, happy reading raneeyQueen's blog ..