Skip to main content

Bahan Makanan Indonesia di Jerman

Ayam Crispy Sambal Hijau ala rani

Orang Asia khususnya Indonesia terkenal dengan rasa makanan yang pedas dan kaya akan aneka bumbu. Sangat berbeda dengan Orang Eropa khususnya tempat tinggal ku, Jerman, makanan mereka ya roti, keju, salad, daging panggang, kentang, dll.

Jangankan untuk makan, membeli dan menemukan bahan-bahan makanan indonesia seperti cabe itu sulit, kebun cabai pun sepertinya tidak ada di Jerman ini. Di supermarket adanya paprika, dan cabai warna warni yang sebungkusnya cuma 5 buah dan mahal.

Tak heran jika perantau Indonesia di jerman sangat tergila-gila dan heboh jika melihat makanan Indonesia dan makanan yang mengandung cabe, seperti sambalado, gulai, tumis dan semua makanan Indonesia. Maka dari itu, makanan-makanan Indonesia selalu dihadirkan disetiap acara Indonesia, agar warga di Jerman bisa mengobati rindunya dengan Indonesia.

Karena sulit ditemukan, bahan-bahan makanan Indonesia dan Asia di Jerman ini harganya lebih mahal dari bahan makanan normal lainnya yang dijual di Supermarket. Bahan makanan Asia dijual di Toko Asia yang ada di masing-masing kota di Jerman yang ada warga Asianya. Selain itu kita juga dapat memesan bahan makanan melalui Online di website toko tersebut.

Beberapa toko Asia bahkan toko Indonesia yang menjadi langganan warga Indonesia di Jerman karena lengkap adalah :
1. Bali Asia Markt - Munchen
2. Indo Markt - Berlin

Kedua toko ini memiliki toko online yang sangat memudahkan pembeli yang tidak berada di kota besar. Hanya harus menguras dompet lebih dalam karena harus ditambah pajak dan ongkos kirim antar kota. 

Toko Asia di kota Jena, thuringen, ada tiga yaitu Panda-panda Asia, Asia shop depan Müller dan Monsun. Selain itu ada 1 toko turki ' Made in Orient', dan 1 toko syiria. Semua toko ini sangat bermanfaat bagiku. hehe, semuanya saling melengkapi satu sama lainnya. Jika disini ada cabe, disana ada tempe, dan juga menjual daging-daging halal.

Perbandingan Harga beberapa bahan makanan Indonesia di Jerman cukup signifikan dibandingkan dengan Indonesia.
Contohnya :

1. Cabe merah dijual 1.5 Euro/ 100 gr, bayangkan jika di Indonesia harga cabai sekilo dibanderol seharga 28-40 ribu Rupiah perkilo, di jerman mencapai 15 euro atau kurang lebih 240 ribu rupiah, dengan kurs 1 euro saat ini setara 16.078 Rupiah.

2. Indomie (ini sih favorit semua orang) satuannya dijual 50 Cent, setara dengan 8 ribu rupiah.

3. Santan 500 ml / 1.5 euro, huduhh di Indo biasa beli minta 5 ribu rupiah dikasi sebanyak 1 pelastik sekilo penuh.

Dan berbagai bahan lainnya yang tak sanggup saya compare satu-persatu. Intinya semua makanan Indonesia, termasuk, tempe, tahu, santan, petai, dll menjadi makanan mewah kalau di jerman, haha.

Karena aku orang aceh, jadi paling rindu makanan aceh. Untuk menemukan bahan-bahan seperti Asam sunti dan Daun kari oh sungguh tidak ada disini!! Musti bawa sendiri pakai pesawat dari Aceh atau titip dengan teman yang mau ke Jerman. Sejauh ini stok Asam sunti dirumah ku masih aman tapi menuju kritis 🤣 keseringan buat keumamah dan dadar sunti nih 😆

Tantangan sulit dan mahalnya bahan makanan indonesia di Jerman menjadi pelajaran bagi para perantau disini, harus pintar-pintar mengolah. Mana bisa sambalado dengan cabe sekali masak 100 gr kayak di Indo? Bisa bangkrut deh!!! Jadi diakali dengan dicampur cabai bubuk dan dan juga paprika dll, untuk rasanya yaa.. kualitas KW Super lahh, enak juga 😆

Sampai sekarang setiap hari dirumah selalu makan makanan Indonesia. Sebelumnya ga pernah masak sendiri masakan heboh-heboh bumbu, sampai sini ajaib udah kayak koki aja jadi jago masak,  takjub sendiri malah kok aku bisa ya masak itu?..Haha, sambalado sih selalu di stock, Anak sambel banget nih...belum bisa jadi orang Jerman ya? 😆

Ohh rindunyaaa dengan Indonesiaa jika terbayang makanan yang enak-enak dan gampang didapatkan, tinggal beli aja..hehe, disini serba mandiri, masak sendiri.. karena kalau beli, wuihh..harganya gak bersahabat dan kurang cocok dilidah kita.

Sekian deh cerita tentang bahan makanan indonesia di Jerman.. Selamat makan yang enak ya buat teman2 Indonesia semua, Jangan lupa selalu bersyukur.


Comments

Popular posts from this blog

Cara Rem sepeda Fixie

Tips Cara Rem Sepeda fixie : 1. Pilih tempat luas yang aman untuk berlatih pengereman fixie, usakan permukaan halus dan bebas dari lalulalang kendaraan. 2. Pastikan pergunakan helm sepeda saat mengendarai sepeda fixie kamu, karena ada kemungkinan jatuh saat berlatih pengeraman fixie. 3. Usahakan memiliki pedal sepeda fixie anda bertali, atau pedal clipless agar pijakan tidak mudah lepas. 4. Mulailah dengan kecepatan rendah, pijakan kaki kamu dengan sempurna pada pedal clipless. 5. Jika kamu siap berhenti atau melakukan pengereman fixie, geser sedikit berat badan kamu kebagian depan, sembari mendorong pedal fixie kamu kearah berlawanan. Tetap jaga keseimbangan, jika ingin bergerak maju, kembalikan posisi badan dan arahkan pedal sepeda fixie kamu kedepan. 6. Ulangi maneuver pengereman fixie diatas berulangkali sampai mahir. Perlu kamu ketahui, semakin jauh kamu mencondongkan tubuh kedepan, maka semakin cepat sepeda fixie kamu berhenti. sumber: fixiekita1.blogspot.c

Riwayat Skin Care dan Jenis Kulit

Hallo..aku tau nih, kamu pasti lagi bingung mau memilih produk skin care untuk kulitmu..ya kan? hihi.. Iya, saya sudah pernah merasakan saat-saat bingung dan dilema dalam memilih produk perawatan wajah atau skin care.. Aku kenalin deh sama kulit ku..kulit aku tipe nya cenderung kering, Oily at T zone, ga terlalu masalah dengan jerawat (Alhamdulillah), tp muncul jerawat saat period aja, dan suka merah di pipi kalau kena panas. Oke, sudah kenal berarti sudah sayang..mari kita lanjut.. Riwayat penggunaan skin care ku.. Dulu mulai centil make skin care pas SMA dan awal kuliah, dan saat itu cuma pake pelembab aja.. Beli dari drug store biasa..ga macem2 sih cuma pake pelembab ajah.. 1. Ponds Hasil pake pelembab ini di kulitku, adalah muka jadi meraah kayak udang..lalu, aku stop. Lalu beralih ke, 2. Garnier Seingat aku..Pake Garnier ini enak, ringan di kulit, dan ga bikin masalah di wajah. tapi aku lupa nih kenapa kok ga lanjut pake garnier ini..tiba-tiba uda pake, 3. Wardah

Mengajukan Visa Nasional (Kumpul Keluarga) di Kedutaan Jerman Jakarta

Assalamu'alaikum...Pejuang Visa menuju jerman. Setelah perjuangan panjang dalam mengurus berkas syarat visa, kini tibalah saatnya saya menghadap ke kedutaan jerman di Jakarta untuk pengajuan Visa Nasional Kumpul Keluarga atau menyusul suami saya ke Jerman. Waktu yang saya pilih adalah tanggal 5 Juni 2018 Pukul 10. 15 am. (Foto di depan kedutaan) Berkas yang saya bawa adalah semua yang tertera dalam syarat di website kedutaan klik  (Disini) Diantaranya : 1. Formulir 2. Surat Pernyataan sesuai UU Pasal 54 3. Pas photo 3,5 x 4,5 (tampak wajah 80 Persen) 4. Paspor ( Asli dan Fotocopy ) 5. Polis Asuransi 6. Uang Tunai 60 Euro/ dalam Rupiah Berkas tambahan selengkapnya tergantung tujuan, dapat dilihat klik  disini  : Kalau saya pilih yang Kumpul Keluarga Ikut Suami : klik link  disini  : Dokumen tambahan saya sesuai syarat ikut suami adalah : 7. Akta Nikah ( Asli dan Yang sudah di Leges serta terjemahannya ) 8. Bukti Tempat Tinggal di Jerman