Skip to main content

Budaya bersedia dititipan paket tetangga oleh pos di Jerman

Image source Eurosender.com

Berdasarkan pengalaman saya yang baru beberapa bulan tinggal di Jerman, saya akan berbagi cerita sedikit tentang kehidupan bertetangga disini, secara khusus mengenai menerima titipan paket tetangga dari postman.

Kehidupan bertetangga di Jerman tidak seindah kehidupan tetangga di Indonesia dimana kita bisa bebas ribut, ngbrol-ngobrol sore antar tetangga ala emak-emak, dan santaai… Di jerman bertetangga lebih ke menjaga privasi masing-masing, bahkan mungkin saling tidak mengenal dan tidak pernah tau bagaimana wajah tetangga sebelah rumahnya, kalau mau bertemu harus membuat jadwal jauh-jauh hari, dan kaku.( masalah kaku ini mungkin dipengaruhi komunikasiku yang belum lancar jadi gabisa bebas cuap-cuap) haha

Walaupun di jerman tak seindah itu, tapi antar tetangga disini saling menghargai dan menghormati, selalu bertegur sapa saat bertemu (Jarang banget ketemu sih),  dan yang uniknya bersedia menerima paket post tetangga jika si yang punya paket tidak ada di rumahnya. Ini menarik sih menurut saya karena di indonesia tidak ada sistem yang dibuat seperti ini.

Image source Winzerla

Karena belakangan ini saya selalu kerja di rumah saja, jadi di bangunan apartement 4 lantai ini saat siang mungkin hanya saya saja yang standby dirumah dikala orang lainnya sibuk dengan kegiatan rutin mereka diluar sana. Alhasil, ketika tukang pos datang dan hanya saya yang menjawab bel nya. Awalnya saya masih kagok untuk menerima paket titipan ini, tapi lama-kelamaan sudah terbiasa. Saya jadi hapal dengan tukang pos yang selalu datang dari berbagai perusahaan jasa pengiriman barang. Hehe

Sistem kerjanya adalah si pak pos datang ke tetangga A untuk menitipkan barang tetangga B, lalu menyelipkan kartu tanda barangnya sudah dititip ke tetangga A ke kotak surat Tetangga B. Nah, saat tetangga B sudah berada dirumah dan melihat kartu tersebut, maka tetangga B akan datang kerumah tetangga A untuk mengambil paketnya. Selama tetangga B pemilik paket belum datang, sebagai tetangga A harus menjaga paket tersebut dengan baik dirumahnya jangan sampai rusak.

Sistem ini sangat menguntungkan di ketiga pihak, jasa pengirim tidak perlu kembali ke esokan harinya untuk mengantar paket, tetangga B pemili paket dapat lebih cepat menerima paketnya ketika berada dirumah tidak perlu menunggu sampai besok, dan juga si tetangga A penerima paket titipan yang nantinya tetangga lainnya akan dengan senang hati dititipan paket mereka tetangga A

Nah, keuntungan lainnya yang saya rasakan adalah jadi bisa kenal dan bersosialisasi dengan tetangga yang paketnya sering dititipkan kepada saya. Ada himahnya juga kan, hehe, Hikmah lainnya juga jika saya tidak ada dirumah tetangga lainnya dengan senang hati menerima paket saya dari pos.

Dan sepertinya siklus ini akan selalu saya rasakan jika kebetulan saya ada dirumah, tetangga yang baik yah..hehe
Sekian cerita saya, mungkin kehidupan bertetangga ini akan berbeda lagi suasana saat nanti Bahasa jerman saya sudah naik level, hehe ‘Can’t wait!!!’



Tulisan ini saya buat saat Bahasa jerman saya masih level A1, belum ada kegiatan keluar rumah yang rutin kecuali jalan-jalan dan belanja. saya tinggal di apartemen di kawasan Winzerla, Jena, bersama suami.

Comments

Popular posts from this blog

Cara Rem sepeda Fixie

Tips Cara Rem Sepeda fixie : 1. Pilih tempat luas yang aman untuk berlatih pengereman fixie, usakan permukaan halus dan bebas dari lalulalang kendaraan. 2. Pastikan pergunakan helm sepeda saat mengendarai sepeda fixie kamu, karena ada kemungkinan jatuh saat berlatih pengeraman fixie. 3. Usahakan memiliki pedal sepeda fixie anda bertali, atau pedal clipless agar pijakan tidak mudah lepas. 4. Mulailah dengan kecepatan rendah, pijakan kaki kamu dengan sempurna pada pedal clipless. 5. Jika kamu siap berhenti atau melakukan pengereman fixie, geser sedikit berat badan kamu kebagian depan, sembari mendorong pedal fixie kamu kearah berlawanan. Tetap jaga keseimbangan, jika ingin bergerak maju, kembalikan posisi badan dan arahkan pedal sepeda fixie kamu kedepan. 6. Ulangi maneuver pengereman fixie diatas berulangkali sampai mahir. Perlu kamu ketahui, semakin jauh kamu mencondongkan tubuh kedepan, maka semakin cepat sepeda fixie kamu berhenti. sumber: fixiekita1.blogspot.c

Riwayat Skin Care dan Jenis Kulit

Hallo..aku tau nih, kamu pasti lagi bingung mau memilih produk skin care untuk kulitmu..ya kan? hihi.. Iya, saya sudah pernah merasakan saat-saat bingung dan dilema dalam memilih produk perawatan wajah atau skin care.. Aku kenalin deh sama kulit ku..kulit aku tipe nya cenderung kering, Oily at T zone, ga terlalu masalah dengan jerawat (Alhamdulillah), tp muncul jerawat saat period aja, dan suka merah di pipi kalau kena panas. Oke, sudah kenal berarti sudah sayang..mari kita lanjut.. Riwayat penggunaan skin care ku.. Dulu mulai centil make skin care pas SMA dan awal kuliah, dan saat itu cuma pake pelembab aja.. Beli dari drug store biasa..ga macem2 sih cuma pake pelembab ajah.. 1. Ponds Hasil pake pelembab ini di kulitku, adalah muka jadi meraah kayak udang..lalu, aku stop. Lalu beralih ke, 2. Garnier Seingat aku..Pake Garnier ini enak, ringan di kulit, dan ga bikin masalah di wajah. tapi aku lupa nih kenapa kok ga lanjut pake garnier ini..tiba-tiba uda pake, 3. Wardah

Mengajukan Visa Nasional (Kumpul Keluarga) di Kedutaan Jerman Jakarta

Assalamu'alaikum...Pejuang Visa menuju jerman. Setelah perjuangan panjang dalam mengurus berkas syarat visa, kini tibalah saatnya saya menghadap ke kedutaan jerman di Jakarta untuk pengajuan Visa Nasional Kumpul Keluarga atau menyusul suami saya ke Jerman. Waktu yang saya pilih adalah tanggal 5 Juni 2018 Pukul 10. 15 am. (Foto di depan kedutaan) Berkas yang saya bawa adalah semua yang tertera dalam syarat di website kedutaan klik  (Disini) Diantaranya : 1. Formulir 2. Surat Pernyataan sesuai UU Pasal 54 3. Pas photo 3,5 x 4,5 (tampak wajah 80 Persen) 4. Paspor ( Asli dan Fotocopy ) 5. Polis Asuransi 6. Uang Tunai 60 Euro/ dalam Rupiah Berkas tambahan selengkapnya tergantung tujuan, dapat dilihat klik  disini  : Kalau saya pilih yang Kumpul Keluarga Ikut Suami : klik link  disini  : Dokumen tambahan saya sesuai syarat ikut suami adalah : 7. Akta Nikah ( Asli dan Yang sudah di Leges serta terjemahannya ) 8. Bukti Tempat Tinggal di Jerman